Perkaya Pengetahuan Buah Hati Dengan Kisah Nabi Adam AS

Assalamualaikum bun,,

Sudah pernah menceritakan tentang kisah Nabi Adam AS kepada sang buah hati?
Sudah pernah mengambil intisari dari kisah tersebut?

Jika berbicara mengenai sosok nabi Adam AS pasti yang terlintas pertama di kepala kita adalah sosok manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam dikisahkan pertama kali tidak langsung  tinggal di dunia (bumi) melainkan di surga terlebih dahulu. Dikarenakan hasutan iblis nabi Adam memakan buah yang terlarang yang menyebabkan diri nya terusir dari surga.

Asal usul manusia memang selalu menjadi perdebatan sejak muncul nya Teori Charles Darwin tentang evolusi yang mengatakan bahwa manusia berasal (nenek moyang) dari kera. Nyata nya, teori itu terbantahkan karena kera sampai sekarang tetap menjadi kera tidak pernah berevolusi, seandai nya berevolusi pasti tidak ada kera, semua menjadi manusia. 
Sumber : Pinterest
Nabi Adam dan kera tentu nya 2 makhluk hidup yang sangat berbeda, Nabi Adam merupakan satu-satu nya manusia yang diciptakan langsung oleh Allah SWT dengan kedua tangan nya. Dan itu menjadi salah satu mukjizat nabi Adam AS. Nabi Adam AS merupakan manusia yang sangat sempurna. Dalam peristiwa Isra Miraj ketika Nabi Muhammad bertemu dengan nabi Yusuf AS, tepatnya di langit ketiga. Dalam hadits riwayat Muslim, Nabi SAW berkata: 

فإذا أنا بيوسف عليه الصّلاة والسّلام، وإذا هو قد أُعطي شِطر الحُسن "

"Di sana saya bertemu Yusuf, ternyata beliau diberi setengah ketampanan".

 Ibnu Katsir berpendapat, maksud dari 'Yusuf memiliki setengah ketampanan seluruh manusia', adalah setengah ketampanan Nabi Adam. 

Penciptaan Nabi Adam AS

Sumber :Pinterest

Pada awal nya alam semesta ini hanyalah ruang hampa, tidak ada air dan udara, tidak ada bumi dan langit ataupun matahari dan bulan. Selanjut nya Allah SWT berkehendak menciptakan alam semesta, langit, bumi beserta isi nya.

Kisah penciptaan Adam sendiri dimulai dengan percakapan antara Allah dan para malaikat. Allah berfirman bahwa Dia ingin menciptakan manusia yang akan bertindak sebagai seorang khalifah (pemimpin, penguasa, pengambil keputusan) di bumi. (Al Baqarah : 30)

Dikatakan dalam hadits  bahwa Adam diciptakan dari tanah yang diambil dari berbagai penjuru bumi, oleh karena itu keturunannya memiliki warna kulit yang berbeda

 "Allah menciptakan Adam dari segenggam tanah yang diambil dari seluruh permukaan tanah, maka lahirlah anak Adam yang sesuai dengan asal tanahnya. Di antara mereka ada yang berkulit putih, hitam, dan perpaduan antara warna tersebut. Di antara mereka ada yang bersifat lembut dan kasar serta perpaduan antara keduanya serta di antara mereka ada yang baik dan jahat." (HR. Abu Dawud).

Selanjutnya Allah menyempurnakan penciptaan Nabi Adam dengan ditiupkan ruh ke dalam tubuh Nabi Adam AS. Saat itu satu-satu nya makhluk Allah yang tidak suka dengan penciptaan nabi Adam AS adalah iblis (golongan Jin). Iblis merasa bahwa diri nya lebih hebat karena diciptakan dari api sedangkan adam hanyalah dari tanah. Padahal sebenar nya dari tanah tumbuh berbagai tanaman yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup (bahan pangan). Dari tanah tumbuh pula berbagai macam bunga yang menciptakan keindahan. Sedangkan Api bersifat tidak stabil, terkadang merusak jika tidak terkontrol.

Baca juga Qabil dan Habil

Allah SWT mengajarkan nama-nama segala sesuatu kepada Nabi Adam AS. Allah memberikan ilmu yang tidak diberikan kepada makhluk yang lain. Ketika malaikat ditanya Allah tentang nama benda-benda, mereka tidak mengetahuinya lalu Nabi Adam AS diperintah Allah untuk memberitahu semuanya. Setelah itu, Allah menyuruh semua malaikat dan jin untuk bersujud kepada Adam. Seluruh malaikat bersujud kepada Adam karena mematuhi perintah Allah SWT. Iblis yang merupakan golongan dari jin menolak untuk sujud kepada Adam. Anggapan api lebih utama dibandingkan tanah membuat nya sombong serta menimbulkan hasad (iri dengki), kenapa Adam lebih di muliakan. Hasad ini lah yang menjadi dosa pertama kali. Iblis rela dimasukan ke dalam neraka karena kekafiran nya, bahkan dia bersumpah untuk menggoda anak keturunan Adam agar masuk ke dalam neraka bersama nya. 

Kehadiran Hawa Dan Dikeluarkan Dari Surga

Sumber : Pinterest

Melihat Adam seorang diri, Allah SWT menciptakan Hawa untuk menemani Adam  di surga. Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam yang bagian atas yang terkenal sangat condong (bengkok). (Bengkok disini bukan berarti bahwa perempuan bodoh, melainkan perbedaan cara berfikir dengan laki-laki yakni pada perempuan perasaannya lebih mendominasi daripada akal, perasaan nya yang membuat nya lebih lembut daripada laki-laki)

Nabi Adam AS bersama Hawa ditempatkan oleh Allah SWT ke dalam surga, mereka hidup damai hingga iblis datang untuk merayu nya. Allah menjanjikan Nabi Adam tidak kelaparan, kehausan bahkan memakai pakaian yang bagus selama di surga. Allah hanya melarang nabi Adam untuk tidak mendekati salah satu pohon di surga. (Al Baqarah : 35)


Iblis datang merayu dengan ajakan "keabadian". Dia merayu Adam agar mendekati bahkan memakan buah dari pohon tersebut, dia menipu adam dengan menamai nya pohon Khuldi (pohon keabadian).Dia bahkan bersumpah palsu untuk menyakin kan Nabi Adam.

Nabi Adam AS dan hawa akhir nya terpedaya oleh bujuk rayu Iblis. Ketika mereka mencicipi (buah) pohon itu, tampaklah oleh mereka auratnya, maka mulailah mereka menutupinya dengan daun-daun surga.

Allah SWT menyeru mereka, "Bukankah Aku telah melarang kamu dari pohon itu dan Aku telah mengatakan bahwa sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?” (QS. al-A’raf [7]: 20-22).

Karena telah melanggar perintah Allah, Nabi Adam dan Hawa dikeluarkan surga. Allah SWT berfirman "Turunlah kamu! Sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain. Dan bagi kamu terdapat tempat tinggal dan kesenangan di bumi sampai waktu yang ditetapkan." (QS. Al Baqarah: 36).

Nabi Adam dan Hawa menyadari kesalahannya. Mereka pun bersimpuh di hadapan Allah dan menyesali perbuatannya. Allah mengajari mereka untuk bertobat. 

"Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat-Mu, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi." (Al-A’raf: 23).

Allah SWT menerima taubat mereka berdua. Setelah dikeluarkan dari surga, nabi Adam dan Hawa hidup menetap di bumi, mereka membangun peradaban umat manusia. Anak cucu nya terpencar ke seluruh dunia menjadi banyak suku dan bangsa yang berbeda.

Klik sini untuk video kisah Nabi Adam

Hikmah Kisah Nabi Adam AS

1. Ajarkan anak bahwa semua manusia asal muasal nya dari Nabi Adam AS, maka tidak ada yang boleh membanggakan diri (sombong). Allah tidak akan melihat seseorang dari warna kulit, kekayaan, ataupun status nya. Yang membedakan dihadapan Nya adalah barometer ketakwaan, tingkat keimanan nya.

2.  Hasad iri dengki merupakan kufur nikmat, mengingkari segala nikmat yang Allah SWT karuniakan kepadanya. Hasad ini bisa menghanguskan segala amal kebaikan. Ajarkan anak agar selalu bersyukur dalam segala hal. Dengan bersyukur hati akan merasa tenang, ajarkan pula untuk sering berbagi kepada sesama nya. 

3. Iblis menghiasi kemaksiatan dengan keindahan dan merupakan musuh terbesar yang harus di hadapi. Ajarkan anak untuk selalu banyak berdoa, berlindung dari godaan Iblis yang terkutuk.

4. Ketika iblis menggoda manusia, dia membujuk dengan berbohong dan bersumpah palsu. Ajari anak untuk terbiasa berkata jujur, karena jika berbohong maka tidak akan pernah dipercaya oleh siapapun.

5. Tobat setelah melakukan dosa. Seorang nabi Adam AS pun mengakui kesalahan nya kemudian memohon maaf dan bertobat. Dari kisah ini anak dapat belajar pula jika melakukan salah maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengakui kesalahan nya dengan berani. Sebagai orang tua kita wajib memaafkan nya.


Referensi
 
DR. Achmad, Hamid. 2021. Nabi Adam dan Nabi Idris: Seri Kisah Para Nabi untuk Anak. Jakarta: Hikam Pustaka.

https://youtu.be/EMmPWZMQL68?si=jL2paDtf_wLjTugE

https://youtu.be/m_9St0saNsw?si=Xo0DZWvJ6Yu0rk1B

https://menara.baznas.go.id/cerita/kisah-singkat-nabi-adam-sebagai-manusia-pertama-yang-diciptakan-allah-2023-05-M367230004042023872









Komentar

Postingan Populer