30 Aktivitas Seru Selama Bulan Ramadhan Agar Anak Tidak Bosan !


Assalamualaikum bun,


Bulan ramadhan tinggal beberapa hari lagi, kira-kira sudah persiapan apa aja nih bunda?

Perlengkapan sholat anak, stok sayuran dan lauk dikulkas hingga menu sahur dan berbuka mesti bunda pikirkan dari sekarang. Selain itu, yang tak kalah penting adalah stok permainan untuk anak. Yups, berpuasa kadang membuat anak lebih sering dirumah saat siang hari. Kegiatan diluar rumah seperti bola dan semua permainan yang menguras tenaga, dikhawatirkan menjadi alesan anak untuk membatalkan puasanya. 

Menemani anak-anak bermain ketika berpuasa juga tidak mudah,kondisi fisik ketika sedang berpuasa sangat berbeda dengan kondisi fisik saat bunda tidak puasa. Berkurangnya asupan air dan makanan membuat tubuh di awal-awal puasa menjadi lebih lemas, tidak ber-energi. Jangankan untuk menemani anak bermain di luar ruangan, untuk menemani bermain di dalam rumah pun rasanya sangat melelahkan. 

Berikut ini 30 inspirasi kegiatan yang bisa bunda lakukan untuk mengusir kebosanan anak di bulan ramadhan. Di ambil dari berbagai sumber, kegiatan ini sangat mudah dan anti capek tetapi cukup untuk  membahagiakan anak. Selamat mencoba.

1. Mewarnai Tema Ramadhan


Mewarnai gambar bertema ramadhan bisa menjadi solusi untuk menghabiskan waktu bersama anak hingga waktu berbuka puasa tiba. Bunda bisa mencari-cari yang bertema ramadhan seperti gambar di atas. Jika anak lebih dari satu, maka buat seperti kuis, di mana anak yang mewarnai paling bagus dan rapi maka akan menjadi juara. Jangan lupa untuk memberi hadiah kepada anak. 




3. Membuat Tas belanja Dari Kaos Bekas

Bulan ramadhan identik dengan membeli baju baru yang menyebabkan baju semakin lama makin menumpuk sehingga tidak muat di lemari pakaian. Solusi Baju anak yang sudah tidak bisa dipakai adalah dengan membuatnya menjadi barang berguna lagi yakni tas.
 

4. Membuat Topi 

Anak-anak bisa membuat topi sederhana dengan menggunakan kertas warna warni.
Alat : kertas karton, kertas warna warni untuk hiasan, gunting, lem, tali dan pita.
Bahan :
a.Gunting karton dengan bentuk berikut.
b. Hias dengan gambar pada bagian atasnya atau dengan tempelan potongan kertas berwarna.
c. Bentuk menjadi corong,tempelkan tali atau pita untuk mengikat topi pada leher.

Jangan lupa untuk mengajarkan bahwa pelangi itu ciptaan Allah. Dan jelaskan secara singkat tentang terjadinya pelangi.



Aktivitas bermain bayangan sering juga dimainkan oleh ilmi dan alsy, biasanya kami hanya menggunakan tangan, membentuknya dengan berbagai macam rupa hewan.

7. Melukis Di Atas Kain

Kain totebag di ubah menjadi canvas oleh Ilmi dan Alsy. Menggunakan cat minyak dan kuas Ilmi dan Alsy terlihat sangat menikmati waktunya. Kegiatan ini bisa jadi referensi di bulan ramadhan. 

8. Belajar Shalat 

Bulan ramadhan adalah bulan belajar. Selain belajar untuk berpuasa, kita juga bisa mengajarkan anak untuk belajar shalat. Ajak temannya yang lain untuk ikut belajar shalat bareng, biasanya anak lebih bersemangat dalam belajar bila bersama teman-temannya.

9. Membaca Buku Cerita


Membaca buku cerita saat bulan ramadhan banyak menfaatnya. Selain dapat menambah pahala, membaca juga dapat menambah ilmu pengetahuan anak. Bunda bisa memilih cerita yang berhubungan dengan bulan ramadhan, dengan variasi buku boleh komik ataupun ensiklopedia muslim. 
 

10. Mengurus Binatang Peliharaan

Bermain dengan peliharaan dapat juga mengisi waktu luang anak. Bunda bisa mengajak anak untuk ikut serta dalam memandikan binatang peliharaan, memberi makan atau membersihkan kandangnya. 

Untuk gambar diatas, itu diambil saat pulang kampung😄, peliharaan nya memang kambing. Kalau sudah dikota mungkin sedikit susah untuk memelihara kambing. Ada banyak jenis hewan yang bunda bisa pelihara dengan anak, seperti kucing, kelinci, hamster dan lain-lain.

11. Mengaji Bareng

 


Mengaji sangat dianjurkan ketika bulan ramadhan, bahkan harus diperbanyak kegiatan ini. Untuk anak-anak ketika sendiri mungkin agak susah jika diajak mengaji, solusinya adalah bunda bisa ikut mengaji bareng dengan anak. 

Ilmi dan alsy biasanya ngaji bersama-sama. Biasanya pula kita membuat game kecil seperti sambung menyambung ayat (hafalan) atau terkadang cerdas cermat tentang surat Al quran, asbabun nuzul dll. 

12. Berkebun

 



Sesekali berkebun bareng bisa jadi alternatif saat siang hari di bulan ramadhan. Beri anak tanggung jawab untuk merawat pohon kesukaannya. Selipkan ajaran islam bahwa setiap tanaman yang hidup itu berzikir selalu kepada Allah dengan caranya masing-masing.

13. Membuat Bioskop Mini 


Bioskop mini dengan film-film islami merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Ajak teman-teman lainnya agar ramai, setelah film selesai beri pertanyaan berkaitan dengan film tersebut. Anak yang mampu menjawab pertanyaan diberi apresiasi berupa hadiah. 

14. Membuat Jurnal Ramadhan

Diatas merupakan contoh jurnal yang sudah jadi dari twinkle.co.id. Jika bunda mau membuat sendiri jurnal nya dengan anak akan lebih bagus. Bunda bisa menggambar dan menghiasnya dengan anak. Mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang sudah di sepakati dengan anak. Kegiatan tersebut akan menjadi patokan/acuan dalam menghadapi bulan ramadhan. 
 

15. Membuat Pernak Pernik Ramadhan

Pernak pernik Ramadhan sebenarnya bisa dibuat di awal bulan ramadhan. Fungsinya agar membuat suasana baru saat bulan ramadhan. Suasana baru diharapkan dapat mendatangkan semangat untuk beribadah di bulan ramadhan.

16. Membuat Kue Bersama

Bulan ramadhan tak lengkap rasanya tanpa kue-kuean. Nastar, biji ketapang, kue salju selalu menghiasi di bulan ramadhan. Nah, Bunda bisa mengajak anak untuk ikut serta membantu membuat kue-kue lebaran. Jika memungkinkan kue-kue tersebut dapat di jual dan menjadi income pasif bunda. 

17. Menyiapkan Menu Berbuka Bersama

Azan zuhur berkumandang anak pasti selalu menanyakan "masih berapa lama lagi waktu berbuka?"
Waktu siang, memang menjadi waktu rawan-rawannya godaan berpuasa. Tengah hari udara terasa sangat panas sehingga rasa haus pun lebih terasa. Bunda bisa mengakalinya dengan mengajak berbicara anak tentang menu berbuka mau pakai apa. Kemudian mulai menyiapkan sedikit-sedikit bahan dan perlengkapan dengan anak. Dengan begitu anak akan teralihkan dari rasa hausnya serta mulai fokus menyiapkan menu takjil. 

18. Membuat Quran Journaling

Membuat jurnal quran dimulai dari surat yang mempunyai ayat pendek terlebih dahulu. Surat pun sebaiknya dicari yang relevan dengan masalah si anak. Contohnya ilmi dan alsy kadang sering bertengkar. Saat bertengkar tak jarang mulut nya suka mengumpat meledek sesama saudara padahal. Maka surat yang saya mau jurnal adalah surat al humazah yang artinya si pengumpat. Setiap mereka bertengkar lagi, saya tinggal ingatkan surat al humazah, disurat tersebut di terangkan bahwa ganjaran untuk seorang pengumpat adalah neraka hutomah

Di lain hari bunda juga bisa mengambil surat yang ada riwayat nya. Contoh surat Al lahab (al masad) bercerita tentang kejahatan abu lahab dan istrinya  serta balasan yang diterima nya diakhirat. Sambil jurnal sambil bercerita tentang sirah nabawiyah. 

18. Membuat Prakarya Dari Kardus

Ilmi dan alsy termasuk anak yang tidak bisa diam jadi ibunya kadang harus extra putar otak untuk mencari permainan yang gampang didapat. Salah satunya permainan kardus seperti diatas. Cukup menggunakan kardus lalu gambar vas bunga. Anak-anak harus mencari berbagai macam bunga untuk ditempelkan dikardus tersebut. 

Di lain waktu kadang kami membuat topeng-topengan dari kardus, boneka kardus, puzzle kardus dll. Beberapa permainan sudah terlebih dahulu terbuang tanpa sempat didokumentasikan.

19. Pesantren Kilat

Pesantren kilat atau kadang disebut Tahfidz Camp merupakan kegiatan yang berasal dari instasi biasanya seperti sekolah, instasi pemerintah, pengajian hingga komunitas swasta. Kegiatannya berupa membaca al quran, sahur dan berbuka bersama, shalat teraweh, shalat tahajud, shalat dhuha dan lain-lain. Untuk jangka waktunya setiap instansi memiliki kebijakan yang berbeda-beda, ada yang berbayar ada pula yang gratis.
 

20. Meronce Gelang Dan Kalung


Apabila mempunyai anak perempuan maka kegiatan meronce merupakan kegiatan yang tepat saat bulan ramadhan. Kegiatan ini membutuhkan konsentrasi serta daya kreatifitas yang tinggi. Untuk manik-maniknya sekarang sudah banyak dijual di semua e-commerce dengan harga yang bervariatif.

21. Membuat Layangan

Untuk anak laki-laki kegiatan membuat layang-layang sepertinya akan lebih menyenangkan. Membuat layang-layang bersama ayah tentunya akan memuat memori tersendiri di ingatan sang anak. Ketika hari mulai sore, ayah bisa mengajak anak untuk langsung memainkan layang-layang yang dibuatnya bersama-sama.

22. Bermain Permainan Tradisional


Congklak, permainan tradisional yang masih mampu bertahan di era sekarang. Permainan ini umumnya dimainkan oleh 2 orang, tapi tak menampik bisa dimainkan oleh lebih 2 orang asalkan aturannya jelas. Bunda bisa terlebih dahulu menjelaskan aturan cara bermainnya kepada anak. Jika anak sudah mulai paham maka bunda bisa langsung saja memainkan bersama anak. Untuk papan congklak serta biji nya masih banyak juga dijual dimana-mana.


24. Bermain Peran Make Up Artist


Permainan salon-salonan Ilmi dan Alsy menyebutnya, ini merupakan permainan andalan saya saat badan capek tapi masih harus menemani anak bermain. Bunda tinggal duduk diam saja. Mereka yang asik sendiri nanti mendandani. Siap-siap ketika membuka mata wajah sudah tidak dikenali alias cemong. 

25. Membuat Poster Doa


Dahulu ketika punya kalender yang gambarnya doa-doa, kami selalu mengguntingnya kemudian anak-anak mulai menempelkan ditempat dimana doa tersebut dibaca. Contohnya doa bercermin maka anak akan menempel di deket kaca dimaksudkan agar anak ketika bercermin selalu ingat untuk berdoa juga. Begitu juga untuk doa-doa yang lain. Terkecuali doa masuk kamar mandi. Kami menempelkannya bukan didalam kamar mandi tetapi di tempat yang mau ke arah kamar mandi. 


Jika tidak mau membuat puzzle sendiri, bunda bisa membeli puzzle instan bertema ramadhan di pasar atau di toko online.

27. Bermain Monopoli Dengan Anak

Permainan ini bisa dimainkan oleh anak yang usianya lebih besar. Karena membutuhkan strategi untuk menang. Selain itu setiap berhenti pemain selalu mengikuti semua yang dikatakan di dalam kartu. Jika berhenti di rumah pemain lain, maka diwajibkan untuk membayar dendanya.

28. Bermain Balon Sabun

Siapkan bahan-bahan seperti setengah cangkir sabun cuci piring, 1,5 gelas air, dan 2 sendok teh gula pasir. Penggunaan gula pasir penting untuk membuat balon sabun tahan lama sehingga tidak mudah pecah.
Tiup nya jangan terlalu dekat mulut yah, ingat lagi puasa. Permainan ini bisa dibuat dan dimainkan kapan saja. 

29. Bowling Dengan Botol Plastik

Kata sapa bermain bowling cuma untuk orang dewasa. Ternyata kita bisa membuat sendiri permainan ini dirumah dengan bahan-bahan seadanya. Cukup menggunakan botol mineral bekas dan sebuah bola kita sudah bisa memainkan bowling dirumah sambil mengisi waktu luang. 

30. Membuat Bunga Kertas

Alat dan bahan 
- botol plastik
- kertas origami warna warni
- lem
- Sedotan atau sumpit untuk menjadi batang nya. 

Cara membuat nya sangatlah mudah, kertas origami dibuat pola seperti bunga lalu potong-potong. Tempelkan pada sedotan atau sumpit. Kemudian masukan ke dalam botol. Jangan lupa untuk menghias botolnya juga.














Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer