10 Rekomendasi Channel Youtube Untuk Menemani Anak Selama Bulan Ramadhan

Assalamualaikum bun,

Kalau sebelumnya kita sudah membahas 30 aktifitas seru untuk mengisi bulan ramadhan sekarang saya akan merekomendasikan Channel-channel Youtube yang bernuasa islam, yang dapat mengenalkan agama dan membentuk akidah pada anak.

Mengisi bulan Ramadhan, baiknya anak – anak juga dilatih pelan – pelan untuk belajar agama. Dapat dimulai dengan cara yang menyenangkan, yaitu menonton film animasi anak Islam. Berikut rekomendasi channel youtube yang dapat menjadi alat bantu pembelajaran agama bersama anak.

1. YUFID KIDS


Yufid Kids mendeskripsikan dirinya sebagai channel video belajar anak muslim yang mempunyai metode pembelajaran dengan media hiburan menarik dan kreatif yang cocok untuk anak- anak dirumah serta disekolah.

Yufid Kids memuat video pendidikan anak islam seperti belajar membaca, belajar huruf, belajar hijaiyah, belajar mengenal angka, mengenal a ba ta, belajar bahasa arab, sikap-sikap terpuji dan lain sebagainya. Yufid kids mengajak seluruh anak islam untuk bermain sambil belajar sehingga tidak akan pernah membosankan. 

Pada Yufid Kids terdapat tokoh anak laki-laki yang bernama Ubay, cerita Ubay memuat cerita tentang pertanyaan ketauhidan yang diterangkan dalam bahasa anak-anak sehingga akan memudahkan anak untuk mengerti. Klik disini untuk mengakses youtube Yufid Kids

2. ROFIF KIDS

Bergabung dengan youtube pada tanggal 18 september 2019, Rofif Kids sudah mempunyai 21.6K subcribers. Rofif Kids diasuh langsung oleh Ustad Muhammad Abduh Tuasikal. 

Ustad Abduh Tuasikal merupakan seorang pembina Rumayso.com dan pimpinan pondok pesantren Darush Sholihin. Beliau aktif dalam kegiatan dakwah. Rofif Kids merupakan sarana dakwah, pembelajaran untuk anak-anak mengenai sholat, doa, bahasa arab hingga pembelajaran adab-adab yang terpuji. Untuk mengakses youtube Rofif Kids dapat klik disini

3. NUSSA OFFICIAL

Nusa dan Rara siapa yang tidak kenal dengan tokoh animasi youtube ini. Berawal dari kata NUSANTARA terciptalah tokoh Nussa, seorang anak laki-laki disabilitas berusia 9 tahun yang merupakan karakter utama. Kemudian anta seekor kucing abu-abu peliharaan yang selalu menghibur suasana. Karakter lainnya adalah seorang anak perempuan yang merupakan adik dari Nussa yakni Rara berusia 5 tahun yang mempunyai sifat periang, pemberani, selalu aktif dan berimajinasi tinggi namun terkadang ceroboh.

Serial animasi Nussa memang mengusung tema Islami yang mudah di pahami anak. Pengajaran akhlaq yang baik serta nilai-nilai keislaman lekat dalam setiap animasinya. Saat ini Nussa Official telah mempunyai 9.18M subcribers dengan 268 video. 

4. RIKO THE SERIES


Riko merupakan tokoh utama pada animasi youtube Riko The Series. Digambarkan sebagai anak laki-laki yang berumur 8 tahun  yang mempunyai sifat ceria, menyenangkan dan suka berpetualang. Mempunyai robot yang bernama Q110, mereka berpetualang melahirkan cerita-cerita yang lekat dengan pengetahuan-pengetahuan islam. Dari mulai muratal, zikir anak, panduan shalat hingga lagu-lagu anak. 

Digagas oleh Garis Sepuluh Founder, Riko The Series didedikasikan untuk seluruh keluarga dan para pendidikan didunia. Saat ini Riko The Series telah mempunyai 311 video yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga dan anak indonesia. 

5. ANNAWAWI TV


Annawawi TV merupakan channel youtube yang memfokuskan pada pendidikan islam. Bergabung dengan youtube sejak tahun 2020, saat ini Annawawi Tv telah mempunyai 13.4K subscribers dengan 139 video yang telah diupload. 

Channel Annawawi Tv memuat animasi belajar tauhid, belajar bahasa arab, doa dan adab sehari-hari, kisah-kisah nabi serta serial-serial panduan anak muslim. Annawawi Tv dapat menemani anak dalam mengisi waktu selama bulan ramadhan.

6. AL FIRQOTUN NAJIYAH KIDS

Merupakan media edukasi visual berupa poster dan video animasi ditujukan untuk pendidikan anak muslim. Beberapa tokoh seperti Uwais, Bilal, Umar diperankan oleh Ka Oni syahrial, adik Rafi dan adik Kamil. 

Al Firqotun Najiyah Kids juga menyajikan konten ilmu kesehatan anak yang ditulis oleh Dokter Spesialis Anak Konsultan. Sebagai media dakwah Al Firqotun bertekad untuk menjadi media pendidikan keluarga islami, mengedukasi agar selain sehat Rohani juga sehat Jasmaninya. 

7. MUSLIM KIDS OFFICIAL

Rekomendasi berikutnya adalah Channel youtube Muslim Kids Official. Channel ini mengedukasi tentang adab-adab bertamu, di mesjid hingga adab berteman. Selain itu, Muslim Kids Official juga menjelaskan tentang kisah-kisah nabi dan para sahabatnya. 

Tanya jawab ketauhidan juga dirangkai apik sehingga memudahkan anak untuk lebih mengerti dan paham tentang apa itu tauhid. Untuk hafalan doa-doa serta bahasa arab juga dibahas lengkap di Muslim Kids Official.

8. SARAH PLAYSCHOOL

Channel berikutnya adalah Sarah Playschool Channel youtube ini sedikit unik, karena awalnya sang kreator membuat channel nya hanya untuk mengisi waktu luang dengan anaknya. Pengisi suara nya pun hanya suara anaknya, sedangkan yang membuat animasi hanya sang ayah. Tetapi ternyata channel youtube nya semakin berkembang hingga sekarang. 

Saat ini Sarah Playschool telah mempunyai 95.9K subscribers dengan 102 video. Video nya bervariasi tentang belajar Iqra, doa sehari-hari hingga pelajaran pengenalan huruf Alpabet.

9. RODJA CERIA


Channel ini merupakan akun resmi yang dinaungin oleh channel utama Rodja Tv. Rodja Ceria berisi konten-konten yang mengedukasi pembelajaran tentang islam terhadap anak.

Berbeda dengan channel lainnya Rodja Ceria membuat konten-konten permainan juga seperti membuat kincir angin dari sedotan,membuat bunga tulip dari kertas serta membuat pompa balon. Sehingga anak menjadi lebih kreatif, mengasah otak untuk membuat prakarya. 

10. KA ERLAN BERCERITA

Ka Erlan aktif dunia pendidikan dan dakwah anak-anak. Sosok kakak yang dilahirkan di Bandar Lampung, 4 Oktober 1992 ini, merupakan lulusan dari jurusan Teknik Kimia UGM. Sembari kuliah, dulu Kak Erlan juga belajar agama di Ma’had Al Ilmi Yogyakarta.

Ka Erlan sering mengisi kajian-kajian anak, Ilmi dan Alsy pernah juga ikut kajian Ka Erlan. Pembawaan nya yang ramah dan suka bercanda membuat Ilmi dan Alsy senang dan tak bosan saat ikut kajian. 

Di youtube nya sendiri Ka erlan bercerita sering membagikan cerita-cerita podcast, kegiatan berpetualang dengan kakak lainnya seperti kak yogi yang sama-sama pendakwah hingga review buku-buku anak.

PANDUAN SCREEN TIME ANAK MENURUT IDAI (IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA)

Screen time adalah waktu yang digunakan untuk menggunakan komputer, menonton televisi, ataupun bermain video games. Berbagai ahli menganjurkan screen time tidak lebih dari 2 jam. 

Berikut ini ada rekomendasi screen time bagi si kecil dari IDAI yang dapat kita jadikan acuan untuk membatasi penggunaan gawai untuk buah hati, agar ketika menonton channel youtube diatas tidak melebihi batas waktu screen time nya. Karena sesuatu yanh berlebihan juga tidak baik untuk anak.

Anak dengan Umur 1 – 3 Tahun (Batita)

Batasan penggunaan gawai adalah 1 jam setiap harinya, kurang dari ini lebih baik dan perbanyak floor time serta interaksi dengan orang di sekitarnya. Penggunaan gawai juga disarankan untuk didampingi sebagai sarana belajar, bukan hanya menonton video saja.

Anak dengan Umur 3 – 6 Tahun (Balita)

Screen time diperbolehkan tidak lebih dari 1 jam saja dengan pengawasan orang tua. Sebaiknya Ibu memilihkan video edukatif seperti mengenal angka, huruf, bentuk-bentuk benda, kosakata, dan sejenisnya. Pendampingan sangat penting dilakukan untuk menghindari si kecil membuka konten yang belum pantas dilihat pada usianya.

Sampai usia 10 tahun

Anak pada usia ini memerlukan pengawasan dan pemantauan untuk memastikan mereka tidak terpapar pada materi yang tidak sesuai. Orangtua sebaiknya membatasi akses terhadap isi, situs, dan aktivitas di dunia maya, serta secara aktif terlibat saat anak menggunakan internet. 

Sebaiknya orang tua tidak membelikan gadget kepada anak. Pada usia diatas ada baiknya gadget masih dipegang penuh kuasanya oleh orang tua. Sang anak hanya diberi akses meminjam tidak lebih. 

Rekomendasi channel youtube diatas sengaja saya tidak merekomendasikan channel seperti omar hana dll. Hal ini karena berakibat double bahasa di kepala anak sehingga bisa menyebabkan speech delay. Saya mengalami sendiri ketika anak kedua Alsy sering menonton tv upin dan ipin, tidak speech delay tetapi terkadang bahasa nya menjadi campur baur indo-malaysia saat dirumah.

Semoga bermanfaat..






Referensi 
https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/keamanan-menggunakan-internet-bagi-anak

https://www.ibupedia.com/artikel/rekomendasi/pilihan-20-channel-youtube-anak-edukatif-dan-interaktif



Komentar

Postingan Populer