Cerita Mudik - Playground Gratis di Taman Candi Bocah

Assalamualaikum Bun,,

Akhir ramadhan kali ini, alhamdulillah kami sekeluarga bisa mudik ke kampung halaman. Bertepatan dengan jadwal libur sekolah, ilmi alsy akhirnya berkesempatan mengunjungi mbah uyut di kampung. Kami mudik dengan menggunakan transportasi umum yakni kereta api. Untuk pemesanan tiket sudah dari jauh-jauh hari, itu juga memesan tepat tengah malam, War ticket dengan pengguna lainnya. Stand by dengan akun instagram PT Kai tentang kapan tiket sudah bisa dibeli.
Perjalanan jakarta-klaten memakan waktu sekitar 7 jam. Dari stasiun klaten, kami melanjutkan perjalanan dengan mobil sekitar 20 menit ke arah prambanan. Selain menikmati keindahan alam dan candi prambanan, kami juga di suguhi pemandangan proyek tol solo jogya yang sedang dikebut pengerjaannya. Ya.. desa kami menjadi salah satu desa yang kena gusur tol.
 

Bermain Di Taman Candi Bocah 

Selama di kampung, kami sempat bermain ke beberapa tempat salah satu nya di Taman Candi Bocah. Awalnya kami hanya ingin ke malioboro dengan commuter line dari stasiun brambanan, tetapi karena ketinggalan kereta dan harus menunggu jadwal kereta berikutnya maka kami menunggu nya sambil bersantai di taman ini. 
 
Taman Candi Bocah berada di Jalan Stasiun, Sreimulyo, Kebon Dalem Kidul, Prambanan, dekat dengan stasiun kereta api Brambanan. yang unik dari taman ini adalah pintu masuknya yang berbentuk ornamen candi, sayangnya tidak sempat terfoto. hehehe.


Taman candi bocah merupakan playground gratis yang terdiri dari berbagai permainan. Mulai dari ayunan, perosotan hingga jaring laba-laba. Di taman ini juga banyak sekali pepohonan rindang yang membuat suasana menjadi sejuk. Kami kesana sekitar jam 10.00 Wib dan masih belum banyak pengunjung. 

Fasilitas Taman Candi Bocah cukup lengkap, ada toilet, fasilitas charger gratis, pendopo kecil untuk beristirahat. Disekitaran disediakan aneka warung yang menjual berbagai macam jajanan anak-anak, air mineral hingga mie rebus dan aneka es. Kami sempat memakai fasilitas charger nya untuk hp dan berfungsi. Aneka tanaman hias seperti bunga banyak macamnya, terdapat pula kolam tetapi saat kesana tidak ada ikannya dan airnya surut.

 
Jika di Jakarta ada taman Tebet Ecopark dengan icon jembatan panjangnya maka di taman candi bocah juga tak kalah indah, ada 2 jembatan panjang yang melintang diatas taman ini. Dari jembatan tersebut kita bisa melihat pemandangan alam gunung dan sawah. Sesekali jika beruntung kereta api akan terlihat dari atas jembatan. 
 
 
Ada banyak manfaat dari mengajak anak-anak bermain di taman selain untuk perkembangan motoriknya ternyata mengajak anak bermain merupakan salah satu cara untuk mentauladani sikap Baginda Rasulullah SAW. 

Rasulullah SAW diketahui sering bermain dengan kedua cucunya yakni Hasan dan Husain. Mereka bahkan kerap bercengkrama sambil tertawa bersama.

Diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari sahabat Jabir, ia berkata:

"Saat aku menemui Nabi Muhammad SAW, aku temui beliau sedang berjalan empat kaki (main kuda-kudaan). Dan, di atas punggungnya ada Sayyidina Hasan dan Sayyidina Husain dan Rasulullah SAW pun bersabda, 'Sebaik-baiknya unta adalah unta kalian berdua (Rasulullah) dan sebaik-baik orang adil adalah kalian berdua.'"

Kisah lainnya dari Jabir Radhiyallahu ‘Anhu menceritakan: “Kami pernah berada bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika kami diundang menghadiri jamuan makan. Ternyata Husain sedang bermain dengan anak-anak lainnya. Maka Rasulullah berlari dengan cepat mendekati Husain lalu berdiri di antara anak-anak tersebut. Tampak beliau merendahkan tangan dan punggungnya berlari ke sana kemari. Husain dan kawan-kawannya tertawa gembira melihat apa yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, sampai-sampai beliau mengangkat Husain dan meletakkan tangannya pada dagunya dan tangan lainnya di antara telinga dan kepalanya. Kemudian beliau merangkul Husain dan menciumnya serai berkata: ‘Husain berasal dariku dan aku berasal darinya. Allah akan mencintai siapa saja yang mencintainya. Hasan dan Husain adalah cucuku.""

Semoga bermanfaat..





Referensi 
https://www.radiorodja.com/52126-bermain-dan-bercanda-bersama-anak-anak/





Komentar

Postingan Populer