MPASI Tepung Beras Ala Rumahan

Baby Ilmi lagi Makan
     
    MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping Asi. MPASI diberikan saat usia bayi mencapai 6 bulan. Kenapa ? karena pada umumnya saat usia bayi mencapai 6 bulan, kebutuhan nutrisi nya sudah tidak mampu lagi terpenuhi oleh pemberian ASI Bunda. Sedangkan untuk pemberian MPASI terlalu dini, sangat tidak disarankan juga karena sistem pencernaan bayi belum cukup baik, takut nya malah beresiko terhadap kesehatan si kecil Bun.

    Menurut petunjuk MPASI dari WHO, pada umur 6 bulan tekstur makanan MPASI yang diberikan adalah makanan lumat/halus (bubur saring, pure atau makanan yang ditumbuk/dihaluskan). Pastikan tekstur makanan MPASI tidak terlalu cair atau encer, jadi gunakan sedikit saja air. Jadi tekstur bubur cair, tapi jika sendok dimiring kan bubur tidak tumpah.

    Ada 2 MPASI yang dapat diberikan kepada bayi Kita bun, yakni  MPASI instan dan MPASI rumahan. MPASI instan bentuk nya dalam kemasan dengan berbagai macam rasa, tentunya lebih efisien terutama untuk Bunda yang bekerja. Namun MPASI rumahan juga tidak kalah bagus, dari segi gizi, kebersihan dan keamanan lebih terjamin. Saya sendiri lebih memilih untuk membuat MPASI ala rumahan disela – sela kesibukan kantor. Kali ini Saya akan sharing cara membuat MPASI dari tepung beras, hasilnya dapat disimpan dan digunakan berkali – kali Bun, harga terjangkau serta terjamin keamanan nya karena tidak terdapat zat – zat tambahan dll.

Alat dan bahan
1.     Beras putih
2.     Daun Pandan
3.     Saringan
4.     Wajan
5.     Blender
6.     Toples
7.     Panci Kecil

Langkah Pembuatan
1. Buat tepung beras


        Siapkan sekitar 1 liter beras putih. Dicuci bersih lalu angin – angin kan hingga kering. Setelah kering blender hingga halus. Blender nya menggunakan blender yang untuk bumbu ya Bun. Hasil blender kemudian disaring lagi sampai dihasilkan tekstur halus layaknya tepung beras yang di jual di pasaran.

    Pengalaman saya, hasil dari blender berupa butiran – butiran kasar, jadi harus berkali – kali blender. Karena tidak sabaran, akhirnya saya memilih untuk “Nepung Di Pasar”. Biasanya di pasar tradisional ada jasa pembuatan tepung. Harganya murah meriah, cukup Rp. 2.000 (2 Ribu) sudah jadi tepung halus, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

2. Keringkan tepung beras


    Step ini sangat penting Bun, agar tepung beras tidak cepat basi (berbau apek). keringkan tepung beras di atas api (tanpa minyak ya Bun), jangan lupa ditambahkan daun pandan, tujuan nya selain agar wangi juga sebagai penanda kalau tepung sudah matang. Ciri tepung sudah matang adalah daun pandan sudah mulai layu Bun. Setelah matang angkat tepung lalu dinginkan.

3. Simpan dalam wadah tertutup rapat



Sifat dari tepung beras adalah tidak tahan tempat yang lembap, jadi sebaiknya ditempatkan di toples kering yang ditutup rapat. Tepung beras dapat bertahan lama jika penempatannya sesuai.

Berikut kandungan nutrisi dari 100 gr tepung beras :
 













4. Membuat Bubur Susu
 

        Bubur susu dapat dibuat dari tepung beras, cara nya adalah dengan dua sendok makan (boleh lebih) tepung beras tambah air (tambah asi juga bisa), aduk rata bun karena bila belum rata maka biasanya akan menggumpal saat di masak. Setelah rata dan tercampur, masak menggunakan panci kecil dan api yang kecil pula.

Untuk penambahan gula dan garam terserah Bunda, jika si kecil sudah doyan , sebaiknya tidak usah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


















Komentar

Postingan Populer