Cara Tradisional Mengobati Kembung Pada Bayi - Anak dengan Daun Jarak

Haloo Bun,,
Saya mau sharing lagi, kali ini seputar kembung yang biasanya sering terjadi pada anak dan bayi. Yuk bahas satu – satu, dimulai dari kembung. Kembung adalah suatu gangguan pada lambung yang biasanya disebabkan ada nya gas dalam rongga usus.   

Pada bayi sufor rentan terkena kembung ya bun,bisa karena tidak cocok dengan susunya atau bisa juga dikarenakan kesalahan saat menyusu, yakni membiarkan bayi tetap menyedot  padahal susu di botol dibotol sudah habis. Angin akan masuk yang ada bun, jadi kembung.

Pada bayi yang sudah MPASI juga bisa terkena, selalu perhatikan makanan nya ya bun, jangan berikan makanan yang menyebabkan gas dilambung. Bila kembung disertai mual muntah diare bahkan hilangnya nafsu makan anak segera bawa ke dokter.

(Next.. )

Cara mengaplikasikan  daun jarak :

    1. Ambil beberapa helai daun jarak
Di Indonesia ternyata ada banyak sekali jenis pohon jarak ya bun. Daun jarak yang saya ambil dan banyak ditemukan sekitar rumah adalah jarak pagar. Ciri-ciri dari Pohon Jarak Pagar ini memiliki batang pohon yang kokoh, batang kayunya berbentuk bulat dan terdapat banyak getah. Daun jarak tunggal, lebar, menjari, dan berlekuk – lekuk sebanyak 3 – 5 buah.


Penampilan daun jarak nya seperti ini ya bun,

Daun Jarak
Setelah diambil jangan lupa dibersihkan dengan air, takut ada semut atau binatang lain yang menempel di daun.

          2. Oleskan daun dengan minyak kelapa
Sebener nya bisa saja sih dengan minyak sayur atau pun minyak – minyak lain nya, tapi saya lebih suka dengan minyak kelapa karena lebih terasa manfaat nya. Oleskan minyak kelapa merata di bagian atas dan bawah daun ya bun.
Oleskan dengan minyak kelapa                 
            
3           3. Garang atau panaskan daun jarak dikompor dengan api kecil.
Pa  Penggunaan api hanya untuk membuat daun jarak layu bun. Daun nya di bolak balik ya bun, Jangan sampai kelamaan nanti kering. Sebaik nya gagang daun jarak jangan di buang agar gampang membolak balikan saat di panaskan.
 
            4. Angkat daun jarak, remes – remes dengan tangan 
      Jangan terlalu kuat (jangan hancur), hanya agar keluar kandungan minyak nya. Dinginkan sebentar . jika sudah dingin aplikasi kan pada perut anak. Bagian atas daun yang ditempelkan di perut. Jangan tertukar ya bun.
 
Daun Jarak digarang

Mudah kan bun, tinggal dipraktekan dah dirumah saat anak sedang kembung. Pemakaian daun jarak ini tidak ada efek samping nya. Kembung akan hilang setelah pemakaian beberapa jam, kalau baby ilmi sih lewat bawah angin nya keluar.. hehe๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†
 
baby ilmi
 
Saya biasanya gunain resep jarak ini menjelang baby ilmi tidur. Nah kalau sudah kering daun nya jangan lupa diambil. Kelamaan juga ga bagus bun, takut gatal di perut.

Tunggu sharing berikut nya ya bun..
Semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan Populer