Khasiat Minyak Kelapa Untuk Umum, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

    
Orang tua zaman dahulu beranggapan minyak kelapa berperan dalam kelancaran persalinan, terlepas dari mitos atau fakta saya mencoba mencari tahu manfaat minyak kelapa bagi kesehatan, terutama manfaat nya kepada Ibu hamil dan Ibu menyusui.


Berikut beberapa manfaat minyak kelapa
Manfaat Untuk Ibu Hamil :


    1. Perawatan Puting Payudara  
   
Ketika usia kehamilan menuju 7 bulan, Bunda harus bersiap – siap untuk membersihkan putting, hal ini bertujuan agar pori – pori terbuka dan tidak ada sumbatan sehingga proses keluar nya ASI (menyusui) akan lancar. Cara membersihkan nya yakni cukup mengoleskan minyak kelapa ke bagian putting sesudah mandi setiap hari.
 
2. Menjaga Daya Tahan Tubuh
     
Minyak kelapa mempunyai kandungan asam kaprilat yang bersifat anti virus, anti jamur serta anti bakteri. Dengan kandungannya tersebut, minyak kelapa akan memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, minyak kelapa dianjurkan untuk diminum sehari 2 kali. 
 
3. Mengurangi rasa mual
    
Ibu hamil muda umumnya sering mengalami morning sickness atau mual di pagi hari yang super mengganggu. Nah, khasiat minyak kelapa bagi ibu hamil ini juga bisa bantu mengurangi efek mual dan muntah di pagi hari.
 
4. Melembabkan vagina
     
Dengan mengonsumsi minyak kelapa secara teratur, Ibu hamil tidak akan mengalami masalah kekeringan pada vaginanya sehingga diharapkan dapat membantu kemudahan proses bersalin nanti.

5. Mencegah stretch mark
     
Minyak kelapa yang bersifat lembap bisa mencegah stretch marks yang timbul pasca kehamilan. Apabila sudah terlanjur memiliki stretch marks, gunakan minyak kelapa sebagai solusinya. Kandungan vitamin E bisa membantu memudarkan stretch marks.

Manfaat Untuk Ibu Menyusui :




  1. Merangsang Produksi ASI
     
Setelah melahirkan setiap Ibu pasti khawatir kalau ASI nya kurang atau tidak keluar ternyata konsumsi minyak kelapa dapat merangsang produksi ASI. Hal ini karena kandungan asam laurat yang terdapat di dalam minyak kelapa.

 2. Mencegah Iritasi
 
Gatal-gatal pada bagian tertentu ternyata masih sering dikeluhkan oleh beberapa Ibu menyusui. Mengoleskan minyak kelapa ternyata bisa mengurangi rasa gatal. Minyak kelapa juga bisa dioleskan pada puting yang retak saat ibu mulai menyusui si Kecil.

 3. Meningkatkan energi
 
Ibu menyusui biasanya mengalami kelelahan saat harus begadang untuk menyusui. Minyak kelapa memiliki kalori yang tinggi untuk membantu meningkatkan energi sehingga badan menjadi segar kembali.
 
Minyak kelapa memiliki kalori tinggi, sehingga membantu untuk meningkatkan energi dengan cepat. Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pengganti susu jika ibu alergi protein. Kandungan yang baik di dalam minyak kelapa bisa menjadi nutrisi yang diperlukan saat Ibu menyusui

           4. Menumbuhkan rambut
 
Setelah melahirkan, biasanya masalah yang dihadapi adalah kerontokan rambut. Banyak Ibu yang mengalami hal tersebut, Saya salah satu nya. Minyak kelapa ternyata  mampu menutrisi rambut, dan menyumbang vitamin yang baik untuk rambut. Minyak kelapa murni yang di oleskan pada rambut dengan rutin, akan berguna untuk mencegah rambut rontok dan kebotakan. Cara nya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa ke akar rambut sebelum keramas.

5. Menurunkan Berat Badan
 
Badan gemuk setelah melahirkan ? jangan takut Bunda, proses menyusui dapat membantu mengembalikan berat badan. Dengan Mengonsumsi minyak kelapa murni sebanyak 3 sendok makan juga dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan minyak kelapa memperlancar sistem metabolisme sehingga lemak cepat diubah menjadi cadangan energi.

Manfaat Untuk Umum :
 
1. Menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah
 
2. Mengontrol gula darah dan meningkatkan produksi Insulin
 
3. Menjaga organ hati dan ginjal
 
4. Mencegah penyakit Alzheimer
 
5. Membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi

Bunda dapat membuat minyak kelapa sendiri di rumah dengan resep berikut :


  • Siapkan 1 buah kelapa tua dan air kelapanya jangan di buang karena akan digunakan untuk memeras santan
  • Parut kelapa tersebut lalu peras parutan kelapa dengan menggunakan air kelapa tadi. Jika masih kental boleh ditambah air tapi usahakan jangan terlalu banyak ya Bun.
  • Rebus hasil perasan / santannya kita masak sambil diaduk-aduk (Ingat jangan sampai santannya pecah)
  • Aduk terus sampai terlihat terpisah 2 bagian  
  • Ambil pelan – pelan bagian kanil nya (karena sangat lama untuk menunggu proses menjadi minyak, jadi ketika terlihat kanil saya langsung pisahkan/ambil)
  • Masak kanil tersebut hingga menjadi minyak (jangan lupa disaring)

    Minyak kelapa yang dapat dihasilkan adalah 2 botol kecil. Keuntungan dari proses diatas adalah lebih cepat dalam pembuatan nya. Santan sisanya juga masih bisa dipakai untuk masakan. 
 
    Minyak kelapa sangat berguna untuk siapa saja. Saya juga menggunakan nya sebagai obat oles apabila Baby Ilmi terkena ruam akibat digigit nyamuk, ruam popok dan lain – lain. Sifat minyak kelapa tidak panas sehingga cocok sebagai pengganti alternatife minyak telon saat si kecil mengalami biang keringat.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat Bunda.. 

Komentar

Postingan Populer